Popular Post

Posted by : PENTRA 29 Agu 2013

PENGANTAR

Lembaga pendidikan adalah suatu tempat yang memiliki fungsi mendidik putra-putri bangsa secara terencana, dinamis, dan kreatif; yang dilaksanakan secara holistic serta profesional edukatif. Hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan dan cita-cita pendidikan nasional secara umum dan lembaga pendidikan tersebut secara khusus, serta anak didik secara optimal. Fungsi mendidik para siswa dilakukan dalam rangka mengembangkan, membina, dan meningkatkan potensi, kompetensi, dan bakat peserta didik. Pengelolaan lembaga pendidikan sepatutnya dilakukan dalam/dengan kerangka-kerangka ilmiah, edukatif, dan relevan untuk mengembangkan dan meningkatkan peserta didik secara optimal, serta sekaligus menjadikan tolok ukur keberhasilan penyelengaraan fungsi dan lembaga pendidikan.

LP2N (Lembaga Pendidikan Pelangi Nusantara) adalah sebuah lembaga formal berlokasi di desa Punggur Kecil Kec. Sungai Kakap Kab. Kubu Raya Kalimantan Barat - Indonesia yang bergerak khususnya di bidang pendidikan, dan didirikan pada tahun 2004. Lembaga Pendidikan Pelangi Nusantara ini bergerak dalam rangka berpartisipasi mencerdaskan kehidupan bangsa dan membangun masyarakat cerdas, tangguh, dan berbudi pekerti sesuai pembukaan UUD 1945 dan perilaku ajaran agama Islam.

RIWAYAT SINGKAT

Lembaga Pendidikan Pelangi Nusantara adalah hasil akusisi dari didirikan di Punggur Kab Pontianak Kalimantan Barat -Indonesia pada tanggal 21 April 2004 Oleh Bapak H.Jamaluddin H.Is MS dengan tujuan membantu pemerintah dan berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat dan kehidupan bangsa, mencipatakan masyarakat adil dan makmur, materil dan spiritual, serta mengembangkat bakat-bakat generasi muda dalam segala bidang sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, serta menciptakan manusia yang berwatak dan bermental tinggi berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Untuk mencapai maksud dan tujan tersebut, Lembaga Pendidikan Pelangi Nusantara memulai usahanya dengan melakukan Take Over SMA PGRI 2 Punggur pada awal tahun 2004, dan selanjutnya mengelola SMA pelangi Nusantara Sampai sekarang.

Tahun Pendirian Sekolah / Lembaga

SMA PGRI 2 PUNGGUR : 15 Januari 1998
SMA Pelangi Nusantara : 25 Juni 2004

ARTI LAMBANG


Lambang Lembaga Pendidikan Pelangi Nusantara dilukiskan dengan 5 bintang, serta gambar 3 bulan sabit mempunyai arti :
  • Lima bintang melambangkan bahwa SMA Pelangi Nusantara merupakan lembaga pendidikan yang mengakomodir berbagai suku, agama, ras yang ada di wilayah Kalimantan Barat.
  • Tiga Bulan Sabit melambangkan proses pembelajaran yang dilaksanakan akan memberikan pencerahan (enlightment) serta memperluas cakrawala berpikir siswa. Bulan sabit juga melambangkan kedisiplinan yang diharapkan dimiliki oleh siswa.
  • Tulisan SMA PELANGI adalah nama lembaga pendidikan.
  • Warna merah, kuning, hijau, berarti : Merah melambangkan semangat, Kuning melambangkan kejayaan, dan Hijau bermakna keimanan dan ketaqwaan yang diharapkan dimiliki oleh setiap siswa SMA Pelangi Nusantara.
Arti keseluruhan sebagai lambang ketaqwaan, keadilan dan kemakmuran. Dengan demikian para kader pembangunan yang berada di bawah naungan LP2N diharapkan dapat mengemban tugas Nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat mencapai negara yang adil dan makmur.

Visi dan Misi SMA Pentra

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © SMA PELANGI NUSANTARA - METALIAR - Powered by Blogger - RE-Designed by Halym -